Dipulihkan: Shalom

Yesaya 43:18-19

                    Shalom adalah sebuah salam biasanya yang disetarakan dengan halo dan biasanya orang yang diberi salam shalom diharapkan meneriman damai sejahtera. dalam PB shalom biasanya diidentikan dengan datangnya damai dari Yesus Kristus. Berbicara tentang pemulihan maka shalom itu harus ada dalam hati kita karena kita diperdamaikan dengan Allah

        Kitab Yesaya yang kita baca sedang memberikan kita gambaran bahwa bangsa Israel sedang mengalami penderitaan dan kesedihan, tetapi Yesaya mengatakan bahwa kita tidak bisa lepas dari penderitaan dosa kalau tidak dari tangan Allah sendiri.

        Yesus melakukan banyak pemulihan dalam masa hidupnya, ingat salah satunya adalah tentang 10 orang kusta yang disembuhkan oleh Yesus. Berapa orang yang Kembali kepada Yesus? hanya 1 orang yang kembali bersujud dan menyembah kepada Allah karena kesembuhannya, dimana yang 9 orang? Orang yang dipulihkan secara benar adalah 1 orang yang Kembali menyembah kepada Yesus. Jika kita diberi pilihan untuk dipulihkan oleh Yesus apa yang menjadi pilihan kita? apakah perekonomian dari keluarga kita? atau ada yang lain? Beberapa orang yang beragama yang di survei apa yang biasa mereka minta untuk doa mereka atau yang mereka minta dalam doa mereka? 1. Kesehatan, 2. Rejeki yang melimpah, 3. Jodoh, 4. Beribadah dengan sungguh, 5. Meminta kelulusan. Orang yang mengaku hidupnya beragama ternyata memiliki tujuan yang adalah diri mereka sendiri. Orang yang beragama yang berpusat kepada diri sendiri akan berusaha memanfaatkan Tuhan dan memanipulasi Tuhan. Yohanes 6:26, Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang”.

Pemulihan itu bukan hanya ketika ada penderitaan baru kita memohon lalu kalau kita sudah dijawab oleh Tuhan dan keluar dari masalah lalu kita menghilang dan meninggalkan Tuhan, pemulihan itu adalah berkenaan dengan damai yang muncul dalam iman. Pemulihan itu bukan hanya Ketika ada masalah lalu kita datang berpuasa kepada Tuhan dan berdoa kepadaNya setelah dijawab kita menghilang bukan demikian pemulihan: Shalom itu adalah masalah hubungan kita dengan Allah. Kalau kita mengecek shalom yang berkenaan dengan hubungan kita dengan Allah, coba ajukan pertanyaan berikut?

  1. Apa topik terakhir yang kita bicarakan dengan Allah?
  2. Kapan trekahir kali kita tertawa dengan Allah?
  3. Kapan terakhir kita membaca firman Tuhan secara tidak terburu-buru?
  4. Kapan kita menjadikan Allah yang terutaman?
  5. Kapan terakhir kita berkata “Aku cinta kepadaMu Yesus”?

Biarlah kita yang beragama ini yang punya Tuhan yaitu Yesus, kita selalu memiliki shalom dengan hati kita sehingga apapun yang terjadi kepada kita, kita tetap mencari Tuhan dan memperbaiki kalau hubungan kita dengan Tuhan menjadi dingin. Shalom: Pemulihan itu selalu memenuhi hati kita sehingga kita memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan apapun masalah yang terjadi.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie