Berjalan dengan Iman

Mazmur 119:57-64

                    Berjalan dengan iman penting untuk kita sekarang dan juga nanti, artinya bahwa kita tunduk kepada Tuhan sebagai sebuah landasan dari iman. Pemazmur berjalan dengan iman tetapi dia menyadari bahwa berjalan dengan iman selalu ada bahaya dan juga ancaman. Kata pemazmur, hidupku dibelut oleh orang fasik tetapi lebih memilih untuk hidup beriman.

        Yesus adalah contoh dari hidup berjalan dengan iman, Dia tunduk dan taat kepada rencana Allah. Kenyataan yang terjadi adalah banyak orang yang menghadang dan membenci apa yang Yesus lakukan. Di dalam hidup kitapun kita merasakan hal yang sama ketika kita memilih hidup beriman tidak semua orang selalu suka dengan kita, tetapi ada orang yang juga membenci kiya dengan sebab yang terkadang tidak kita tahu. Itulah kenyataan dalam kehidupan sekarang, ketika kita menghadapi orang yang suka dengan kita adalah hal yang mudah. Bagaimana dengan orang yang tidak suka dengan kita. Memang tidak muda dalam menghadapi orang yang tidak kita suka. Pernah mendengar peribahasa “Pagar makan tanaman” bagaimana bisa pagar makan tanaman, ternyata pagar itu adalah burung dalam Bahasa Malaysia. Peribahasa ini ingin mengatakan Manusia yang menghancurkan sesamanya.

        Ketika kita tunduk kepada Firman Tuhan, taat kepada Tuhan, pemazmur mengajak kita untuk melakukan lebih yaitu keluar atau menemukan komunitas yang baik sehingga kita bisa beriringan untuk bertumbuh. Mencari teman, komunitas harus orang yang takut kepada Yesus, taat keoada Yesus sehingga bisa saling support dan juga saling mendukung untuk bertumbuh. Yesus membentuk komunitas dengan 12 muris, mereka bukan orang-orang yang sempurna, tetapi mereka adalah orang yang mau belajar. Mereka jatuh bangun dalam komunitas ini, tetapi sampai akhir kecuali Yudas mereka bisa menjadi saksi-saksi iman yang luar biasa.

        Bagaimana kita dengan iman dalam memilih apa yang kita baca dan kita lihat dalam Hp kita? memilih teman seperti apa kita? memilih games untuk kita konsumsi? Kalau kita beriman bersama dengan Tuhan Yesus, kita akan memilih berita, teman baik dan games yang membawa kita kepada takut akan Tuhan. Semua itu bertujuan membuat kita bertumbuh kearah yang baik dan kita membuat suasana yang baik dalam komunitas.

        Mari kita lihat HP kita? kalau apa yang kita baca, apa yang kita tontong di Hp kita membuat kita sekamin besar kearah nafsu dan menjadi jahat tinggalkan itu. Gereja GKT Hosana Bumi permai banyak membuat konten dan bahan yang baik untuk menolong kita datang kepada Yesus sehingga kita bisa terus dibentuk menjadi serupa dengan Kristus.

        Berjalan dengan iman itu juga menunjuk pada siapa yang kita pilih hari ini untuk berjalan bersama, selain Kristus. Pilihan – pilihan yang kita pilih akan menjadikan kita pribadi seperti apa nantinya. Memilih Kritus dan berani menjadikan Dia sebagai teman akan menolong kita untuk memilih hal-hal yang baik dalam kehidupan kita di dunia ini.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie