Yang Menghibur

Yohanes 14:26

            Betapa sulit membuat film yang bisa menjelaskan, siapakah Allah Roh Kudus dalam kehidupan orang Kristen? Beberapa orang Kristen memahami Allah Roh Kudus adalah hanya sebuah kuasa, Allah Roh kudus bisa dimanfaatkan, dikelola dan bisa dilakukan bermacam-macam menurut keinginnanya. Padahal kalau kita melihat keseluruhan Alkitab, kita akan memahami Allah Roh Kudus. Penjelasan Allah Roh Kudus itu susah dijelaskan sama halnya dengan neraka. Neraka hanya digambarkan ada api, tetapi gelap. Lalu dijelaskan juga bahwa disana akan ada ulat, bagaimana bisa ulat hidup dalam api. Lalu ada lagi ada kertak gigi yang di dalamnya yang kontras dengan kegelapan. Betapa sulitnya menjelaskan tentang neraka. Demikian dengan Roh Kudus tidak sesederhana itu, apalagi Indonesia yang masih lekat dengan hal-hal mistis. Yang bisa semua dikuasai apa lagi dengan roh-roh.

          Kata penghibur dalam bacaan firman Tuhan menjelaskan tentang pendamping, pembela dan penolong. Istilah ini diambil untuk menggambarkan situasi yang tidak mudah bagi pengikut Kristus. Para murid menerima penganiaayan karena mengikut Kristus. Allah Roh Kudus diutus untuk menolong, mendampingin dan membela murid Kristus dan umat Tuhan yang membela Kristus. Roh Kudus itu diberikan untuk orang percaya sehingga dia diyakinkan bahwa ketika mereka hidup ada Roh Kudus yang menolong mereka untuk berjalan dan mendampingi seorang Kristen. Dari ayat 26 ini kita bisa melihat pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya.

  1. Untuk mengajar Kita.

Kata “mengajar” menjelaskan, bahwa Roh Kudus akan memberi pengertian yang Alkitab katakan untuk dilakukan oleh seorang Kristen. Ada hal yang harus kita lakukan yang kita biasakan sehingga kita bisa tau apa yang dikehendaki Tuhan dalam masalah kehidupan kita. Kita harus menabur jika ingin menuai. Apa yang kita tabur? Yaitu membaca dan melakukan Firman Tuhan sehingga kita bisa menuai yang adalah keyakinan ketika kita menggumuli akan masalah kehidupan kita (Masalah pekerjaan, masalah pasangan hidup dll). Kita ini sering tidak memberi diri untuk dipimpin oleh Roh Kudus dalam arti apa? kita tidak membaca dan melakukan Firman Tuhan. Kalau demikian bagaimana kita ini ingin dipimpin dan ditolong oleh Roh Kudus. Kalau ada masalah yang berat kita akan mengambil langkah over (over membaca firman Tuhan, Berdoa dan melakukan hal yang baik). Tujuannya adalah ingin mengetahui apa yang dikehendaki Tuhan, maka kita membangun konstruksi iman yang keliru. Kalau masalah itu selesai, kita akan kembali kepada kehidupan lama. Yesus ingin kita belajar untuk membaca dan mengerti firman Tuhan tiap hari sehingga kita peka terhadap apa yang dikehendaki dan bisa ditolong oleh Roh Kudus yang mendampingi kita.

  1. Mengingatkan Kita.

Kata “mengingatkan” menjelaskan, bahwa Roh Kudus akan menolong kita untuk ingat akan apa yang telah diajarkan oleh-Nya. Kita ini adalah manusia yang masih sering lupa dengan firman Tuhan, lalu apa yang dilakukan oleh Roh kudus adalah membuat kita tenang dengan mengingatkan tentang firman Tuhan sehingga kita tidak terlalu senang berlebihan dan sedih yang berlebihan. Roh Kudus menghindarkan kita dari banyaknya pikiran buruk dan juga pikiran-pikiran yang tidak benar. Karena pikiran yang negative dan intimidatif itu merusak dan membuat berdosa sehingga kehidupan kita dikendalikan oleh pikiran. Bacalah Firman Tuhan, ucapkanlah Firman Tuhan dan biarlah Roh Kudus yang bekerja untuk mengingatkan kita kembali dalam rencana Tuhan. Ketika kita membiasakan diri untuk kebiasaan baik membaca firman Tuhan dan menyanyikan lagu yang baik untuk kita mengingat lagi akan Firman Tuhan semua itu akan membawa kita ke dalam ketenangan yang ditimbulkan Roh Kudus sehingga kita bisa mengingat kembali akan Janji Tuhan.

          Masalah pikiran buruk dan juga kekuatiran akan tetap ada dalam kehidupan kita. Yakinlah untuk bisa menghadapinya karena kita mempunyai Allah, firman Tuhan dan Roh Kudus yang bisa menolong setiap waktu.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie