Tuhan penolongku

Ibrani 13:5-6

                    Dalam kamar mandi biasa dipasang berbagai alat untuk menolong kita bergerak dan juga beraktivitas lebih baik sehingga terhindar dari kepleset dan kejadian lainnya. Dengan bertambahnya usia kita juga masih butuh pertolongan, itu tandanya bahwa kita adalah manusia yang rapuh dan masih membutuhkan pertolongan dalam hidupnya, lalu bagaimana kita mendapatkan pertolongan yang tepat?

        Jemaat ibrani mengalami cobaan, usaha mereka ditutup dan mengalami kesusahan ekonomi inilah yang menekan mereka sehingga mereka menjadi takut. Ibrani 13:6 memberikan sebuah statement bahwa Tuhan adalah penolong mereka, sehingga mereka tidak menjadi takut. Arti kata takut yang dipakai dalam bagian ini adalah perasaan yang tiba-tiba datang dan mengganggu pikiran sehingga menggangu perasaan. Ketakutan umat itu karena masalah keuangan, entah masalah tidak punya uang atau cinta kepada uang? Tuhan memberikan jalan keluar bagi masalah ekonomi dan masalah keuangan, jalan keluarnya adalah, saat jemaat di surat Ibrani ini hadapi masalah yang rumit dengan kondisi ekonomi mereka dan mereka ketakutan, jalan keluar pertama yang diberikan Tuhan adalah mengingatkan dan memerintahkan mereka untuk tidak menjadi hamba uang.

Solusi yang Tuhan berikan bukan memberikan uang, tetapi mengingatkan dengan nasehat spiritual sehingga mereka tetap percaya kepada Tuhan dan tidak cinta kepada uang. Tujuannya adalah umat menang melawan pertempuran rohani terhadap kekuatiran masalah uang. Yudas adalah salah satu contoh tokoh yang gagal untuk menang terhadap pertempuran rohani terhadap godaan uang. Mungkin saja kita ada dalam keadaan yang butuh uang, untuk membayar karyawan, kredit dan banyak lagi kebutuhan sehingga kita mengalami sebuah ketakutan. Tuhan mengingatkan untuk kita jangan menjadi hamba uang dan kita harus menang melawan godaan uang. Yang sebenarnya mencobai diri kita adalah keinginan diri kita sendiri sehingga kita harus menekan keinginan dan keluar dari godaan.

        Tekanan berat yang mungkin kita sedang alami dengan masalah ekonomi. Tetapi pertanyaan besar bagi kita adalah apakah kita sudah berdiam diri dan bertanya kepada Allah bagaimana tentang masalah keuangan ini. Kristus telah menebus kita dan menjadi jalan keluar bagi kita, Dia mengorbankan diri sebagai jalan keluar yang tepat dan bukan uang. Seorangpun dari kita tidak akan bisa menjadi tuan yang baik atas uang, bila kita tidak terlebih dahulu memenangkan peperangan rohaninya dulu setiap hari : bertekad tidak mau jadi hamba uang dan hanya mau jadi hamba Kristus.

        Tuhan menginginkan kita untuk bertahan dan mengikut Dia. Marilah kita menghadapi pertempuran Rohani dan yakin bahwa Tuhan sekali-kali tidak akan membiarkan dan meninggalkan kita. Hadapi pertempuran rohani bersama dengan Tuhan maka kita akan bisa bertahan.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie