AKHIR LEBIH BAIK DARI AWAL

Pengkhotbah 7:8

Ada sebuah ungkapan yang terkenal “Well begun is half done” (Awal yang baik adalah setengah keberhasilan). Suatu ungkapan yang penting untuk diperhatikan dalam memulai segala sesuatu. Awal yang baik itu sangat penting, karena sering berpengaruh untuk keberhasilan ke depan. Tetapi awal yang baik itu tetaplah hanya setengah dan belum selesai atau tuntas, sehingga awal yang baik perlu dilanjutkan sampai pada akhirnya.

 

Pengkhotbah 7:8 menyatakan “Akhir suatu hal lebih baik dari pada awalnya. Panjang sabar lebih baik dari pada tinggi hati.” Hal ini mengingatkan suatu prinsip yang penting, yaitu awal yang baik itu penting, tetapi yang lebih penting adalah dapat mengakhiri dengan baik apa yang sudah dimulai dengan baik.

 

Hari ini kita bersyukur kepada Tuhan untuk pelayanan Pdt. Hadi Sugianto Lie selama 25 tahun. Tuhan juga menolong Pdt. Hadi dan keluarga untuk bersama dengan GKT Hosana Bumper sampai saat ini. Menjadi pertanyaan yang penting? Itu awal atau akhir? Kita dapat mengatakan bahwa moment ini adalah akhir dan awal. Akhir, karena itu berkaitan dengan suatu periode pelayanan yang cukup panjang, yaitu 25 tahun. Awal, karena pelayanan ini belum selesai dan memasuki fase yang baru dan penting. Bob Buford dalam buku “Half time” mengingatkan bahwa penting bagi seseorang untuk mengadakan evaluasi hidup dalam memasuki usia akhir 40 an. Hal ini penting untuk menata kehidupan pada fase berikutnya. Buford mengingatkan konsep dari “Success to Significant” (Sukses Menuju Keberartian). Konsep seperti ini perlu dipikirkan oleh setiap orang dalam menjalani kehidupannya, apalagi ketika memasuki paruh baya.

 

Selamat untuk Pdt. Hadi dan keluarga untuk hari ini dan selamat memasuki fase yang baru dalam kehidupan dan pelayanan ke depan. Selamat juga untuk GKT Hosana Bumper yang telah bersama dengan Pdt. Hadi selama 25 tahun. Doa saya agar Tuhan Yesus memberkati dan menolong kita semua untuk dapat mengakhiri dengan baik. Kita semua rindu pada suatu saat kita mendengar Tuhan Yesus berkata kepada kita: “Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.” (Matius 25:21).

 

Awal Yang Baik Itu Setengah Keberhasilan

Tetapi

Akhir Itu Lebih Penting Dari Awal

Penulis: Pdt. Sia Kok Sin