Terang Dunia

Matius 5: 14-16, Yohanes 8:12

            Pada umumnya ketika kita menerima kebaikan dari Tuhan melalui orang lain, orang yang menerima kebaikan itu kemudian memberikan ucapan syukur dan memuji Tuhan. Kira-kira seperti itulah yang secara sederhana kalau engkau ingin tau apa artinya orang memuliakan Bapamu yang di sorga ketika orang menerima kebaikan seperti ayat yang kita baca Matius 5:16 “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

            Kita adalah alatNya Tuhan, sudah seharusnya dalam kehidupan kita nama Tuhan yang dimuliakan dan kitapun ikut ambil bagian dalam rencana Tuhan. Kalau kita menanggapi rencana Tuhan dengan baik itu berarti kita ini adalah bukti dari kebesaran Tuhan.

            Kita adalah terang dunia bukan berarti kita punya terang sendiri tetapi seperti di dalam Injil Yohanes 8:12, Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." Sekarang kalau kita tahu bahwa terang itu berasal dari Allah maka itu berarti terang yang kita bawa itu adalah terangNya Kristus. Yang harus kita lakukan adalah memancarkan dan menyalurkan cahaya itu yang adalah cahaya Kristus kepada orang lain lewat perbuatan baik kita misalnya mendokan orang lain, menolong orang lain, mendukung dan memberikan penghiburan. Ingatlah bahwa perbuatan baik itu sudah ada dalam diri kita semua ketika Yesus sudah menyelamatkan kita, sehingga kita jangan menyembunyikan terang dan perbuatan baik kita. Tuhan tidak ingin kita seperti orang yang menerima satu talenta merasa tidak berguna dan menguburnya sehingga itu tidak bisa bermanfaat. Yang harus kita lakukan adalah terus mengusahakan perbuatan baik sehingga mereka bisa melihat Kristus dalam kehidupan kita. Mungkin dari perbuatan baik kita yang asalnya dari Kristus itu mencegah orang yang akan bunuh diri, mencegah orang untuk mencuri, mencega orang lain yang sedang berputus asa dan lain sebagainya. Tujuan dari kita menyampaikan kebaikan yang adalah terang itu adalah orang itu melihat Kristus dan memuji Tuhan. Kalau kita menjadi penyalur terang yang baik mungkin ada orang yang bisa berjumpa dengan Kristus dan bertobat.

            Tuhan Yesus sudah mati dan bangkit untuk kita semua sehingga kita tidak lagi harus menyembunyikan terang atau perbuatan baik. Mother Theresa, tidak semua dari kita dapat melakukan hal-hal besar. Tetapi kita dapat melakukan hal-hal kecil dengan penuh cinta. Matius 5:16 “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." Terang itu mari kita bagikan dan salurkan kepada orang-orang sehingga nama Tuhan dimuliakan dan mereka bisa mengenal Yesus sebagai juruselamat.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie