FULL Heart

Amsal 4:23

Amsal 4:23

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

 

Menjaga hati kita itu tidak gampang untuk tetap tetap di dalam Tuhan. Amsal bagian ini yang ditulis oleh salomo dan ia ingin mengajarkan hikmat kepada anaknya. Ternyata urusan hati ini adalah penting. Jagalah hati dengan kewaspadaan itu menggambarkan seorang penjaga penjara. Berarti bahwa menjaga hati itu harus terus menerus dan tidak boleh bolong. Menjaga hati juga berhubungan dengan sesuatu yang tidak bisa kita tolak (contoh kehilangan orang yang dikasihani) dan ada hal bisa menjadi pilihan kita yang bisa kita tolak. Menjaga hati yang bisa kita pilih adalah menjaga dari godaan dosa yang bisa membuat kita serong. ayat 14-17: Jangan menempuh jalan org fasik, ayat 24: buang mulut serong dan bibir dolak dolik. Kadang orang bisa merespon hal-hal yang tidak baik untuk kehidupan kita. Tetapi yang harus menjadi bagian kita adalah menjaga hati sehingga kita tidak tergoda untuk melakukan hal jahat.

Jaga hati itu urusannya kita dengan Tuhan, jadi apapun yang keluar dan respon dari hidup kita yang muncul dari hati adalah tanggung jawab kita kepada Tuhan. Amsal 4:5, Setiap hati kita bisa diuji sedemikian rupa tetapi yang harus kita jaga adalah hati.

  1. Jaga hati itu masalah datangnya masalah dalam hidup kita (masalah yang tidak bisa di tolak dan menjadi pilihan kita).
  2. Jaga hati itu masalah hikmat, Amsal 4:5, Ayat 5: PEROLEHLAH HIKMAT, PEROLEHLAH PENGERTIAN

 

Kalau kita bisa menjaga hati kita maka kita akan menerima sukacita di dunia ini dan tentunga Nama Tuhan itu akan disenangkan melalui hidup kita.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie