Muliakan Tuhan

Mazmur 150 :1-2

Mazmur 150 :1-2

Haleluya! Pujilah Allah dalam tempat kudus-Nya! Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat!
Pujilah Dia karena segala keperkasaan-Nya, pujilah Dia sesuai dengan kebesaran-Nya yang hebat!



Katekismus Besar Westminster (1647)

1. Pertanyaan: Apa tujuan utama dan tertinggi manusia?

Jawaban:  
a.Tujuan utama dan tertinggi manusia ialah memuliakan Allah dan
b. bersukacita sepenuhnya di dalam Dia untuk selama-lamanya.

                Memuliakan Tuhan itu harusnya menjadi bagian dalam kehidupan kita. Mazmur 150 adalah Mazmur pujian kepada Allah, ayat 1b Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat! Mengartikan bahwa memuliakan Tuhan bukan hanya di gereja tetapi juga dalam semua aspek dalam kehidupan kita dan dimanapun kita tetap beribadah dan membagikan kasih. Pujilah Tuhan ditempat kudusnya, memuliakan Allah secara kamunal dalam gereja. Maka itu ketika kita beribadah jangan main-main, karena kita itu memuliakan Allah, termasuk dalam beribadah di rumah itu juga harus sama dengan sikpa kita ada di gereja. Menjaga diri dalam cakrawalaNya yang kuat adlaah penting dalam kehidupan kita. Ibrani 10:2
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

                Memuliakan Allah di gereja tidak akan dihapus, karena Tuhan ingin terus melihat kita untuk memuliakan namanya. Lalu mengapa memuliakan Tuhan lewat ibadah pribadi hari demi hari ini perlu? Apakah memuliakan Tuhan tidak cukup? Kristuspun ada dalam setiap hidup kita makai a ingin kita juga mengaja hidup kita tetap memuliakan Tuhan. melatih otot rohani setiap saat sehingga kita siap dan rindu untuk menyembah Tuhan pada hari Minggu. Tetapi kadang kita tidak berjuang untuk terus hidup dalam Firman Tuhan hari demi hari, sehingga kita jatuha dalam dosa yang menggoda kita. ketika kita menyerah dengan diri kita, maka kita akan kedododran sehingga memuliakan Allah di hari minggu menjadi sebuah aktivitas yang melelahkan.

                Ibadah adalah niat kita kepada Tuhan, sehingga kita harus menjaga hari-hari kita kepada Tuhan, sehingga hari minggu kita bisa dengan sungguh beribadah dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan. Mari diawal tahun ini kita terus berjuang untuk memuliakan Tuhan hari demi hari dan juga memuliakan Tuhan pada hari minggu secara komunal di gereja, ketika dia memanggil kita untuk beribadah kepadaNya.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie