Doa Untuk Keselamatan Israel

        Mazmur 80 merupakan pergumulan hebat bagi Israel saat itu karena mereka mendapatkan tekanan dari musuh pada saat itu. Tapi dalam pergumulan ini mereka masih melihat tangan Tuhan yang begitu kuat melindungi bangsa Israel, sehingga mereka punya pengharapan yang pasti. Dasar pengharapannya adalah Allah, Allah yang membangun perjanjian tanpa syarat kepada Abraham. Abraham dipanggil keluar dari Ur pergi ke tanah perjanjian dan Allah tidak pernah berubah meskipun Abraham melakukan kesalahan. Mari kita melihat kesetiaan Allah kepada Abaraham.

        Kejadian 18:19, “Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya."

        Ayat ini memperlihatkan bagaimana Allah memilih Abraham untuk membawa sebuah perjanjian, meskipun Abraham banyak melakukan kesalahan dan mengalami jatuh bangun dalam mempertahankan iman. Mari kita lihat kata memilih yang dalam Bahasa ibrani berarti Yada. Sehingga kita bisa melihat apa maksud Tuhan memilih Abraham.

  1. Kejadian 4:1, dalam bagian ini kata Yada muncul dengan arti bersetubuh.
  2. Hosea 2:19, dalam bagian ini Yada muncul dengan arti mengenal. Cerita ini dimulai dari Hosea yang disuruh Tuhan untuk menjadikan seorang perempuan sundal istrinya, akhirnya Hosen menikahi Gomer yang adalah perempuan sundal itu, Hosea sangat mencintai Gomer dan mereka memiliki anak. Setelah beberapa waktu Gomer akhirnya kembali kepada pekerjaan lamanya, dia kembali melacur dan menjajakan dirinya. Waktu berlalu dan ini membuat Gomer kehilangan kecantikannya dan juga kemolekan tubuhnya. Ini menyebabkan dia semakin tidak laku dan membuat semakin banyaklah hutangnya. Untuk mengganti uangnya maka Gomer dijual dipasar budak oleh mucikarinya. Dalam keadaan demikian Tuhan menyuruh Hosea untuk kembali mengambil Gomer, bukan hanya mengambil tetapi juga membali dan membayar lunas Gomer yang tidak setia dalam pernikahan. Ketidaksetiaan Gomer adalah gambaran kita manusia yang tidak setia kepada Tuhan dan memberontak kepada Tuhan. Hosea membawa pulang Gomer, supaya Gomer mengenal dengan baik Hosea. Yada : mengenal dengan baik, mengerti dengan dalam, secara intim tahu dengan benar. Seperti ini juga Allah, Allah ingin kita mengenal dengan baik. Allah yang telah menebus setiap kita. Ini sama dengan peristiwa Abraham, meskipun Abraham banyak melakukan kesalahan tetapi Anugrah Allah yang begitu tidak bersyarat ingin mengenal dengan baik Abraham.

        “Sebab Aku telah “mengenal” dia”, sekarang Allah mengenal Abraham dengan baik dan terjadi sebuah hubungan timbal balik, Abraham sekarang juga berusaha untuk mengenal Allah dengan lebih baik lagi. Pengenalan Abraham ini terbukti dari peristiwa di Kejadian 22:2, Dimana Ia sangat beriman ketika ia akan mempersembahakan Ishak, Allah akan memberikan yang terbaik sebagai gantinya. Perasaan yang campur aduk sebenarnya yang dirasakan seorang Ayah, tetapi sekali lagi karena Abraham telah mengenal Allah dengan baik maka ia berani mengambil ini sebagai langkah iman. Iman Abraham ini karena Allah sudah mencangkokkan hatinya kepada Abraham lewat pengenalannya kepada Allah. Kejadian inilah yang menjadi harapan bagi pemazmur, Dia mengingat dengan baik pertolongan Tuhan di masa lalu sehingga ini menolong Dia untuk yakin bahwa harapan ini tidak akan pernah salah karena diletakkan kepada dasar yang tepat yaitu Allah sendiri.

Penulis: Dr. Andik Wijaya