Kebangkitan Yang Sempurna

Berita popular yang ada dalam allkitab masih ada kemungkinan bahwa orang belum mengerti atau bahkan tidak tahu sama sekali sehingga menyebabkan informasi yang didapat tidak valid. Termasuk mengenai kebangkitan Kritus akan mempengaruhi sikap dan tindakan seseorang.

 

          Lukas 24:13-25 Bercerita tentang perjalanan Kleopas dan temannya. Jarak tempuh Perjalanan Kleopas sebenarnya singkat dan tidak jauh, tetapi mereka melewati perjalanan itu dengan penuh muka muram dan bersedih (ayat 17) sehingga perjalanan itu menjadi perjalanan yang susah payah. Namun keseluruhan peristiwa ini akhirnya menjadi berkat bagi orang-orang setelah tau maksud dari bagian ini. Tetapi imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin kami telah menyerahkan Dia untuk dihukum mati dan mereka telah menyalibkan-Nya. Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi.(20-21) Ayat ini memberikan informasi kenapa Kleopas dan temannya menjadi muram dan bersedih karena mereka menganggap Yesus asalah pemimpin dunia yang gagal dan tidak bisa melakukan pembebasan bagi bangsa Israel. “Tak peduli predikat apa yang disematkan kepada kita (Hamba Tuhan, majelis, aktivis dll), jika doktrin Kristologi kita ngawur akan meracuni diri sendiri dan juga orang lain.”

 

          Karena pemahaman yang salah pada Kleopas membuat dia buta akan firman Tuhan, sehingga menyebabkan Kleopas lupa akan segala apa yang Yesus katakana kepada mereka, bahwa Yesus akan bangkit dan menang atas maut. Kleopas sebenarnya sudah mendengar banyak bukti tentang kebangkitan Yesus, mulai dari para perempuan, Petrus dan berita dimana ini seharusnya sudah menguatkan bukti bahwa Yesus telah bangkit. Tetapi karena pemahaman dan mata yang sudah dibutakan menjadikan dia menjadi sedih dan hilang harapan. Pemahaman yang salah akan membawa kita kepada keadaan yang tidak baik, putus asa dan juga menjadi hilang harapan.

 

          Dalam bagian ini Yesus memberikan pembenahan pengertian tentang Kristus, Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka. Ketika itu terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka. (30-31) Tuhan memberikan sebuah kebiasaan yang dulu pernah mereka lakukan, dan yang melakukan itu adalah Yesus sendiri sehingga mereka akhirnya sadar dan tahu bahwa Yesus telah bangkit.

 

          Pemahaman yang salah akan membuat kita jatuh kepada kesalahan yang fatal, tetapi jika kita rindu dibenahi oleh Tuhan dan pemahan kita menjadi benar maka kita akan rindu menyampaikan kabar baik yaitu injil kepada orang lain secara benar dan tidak salah. Maka itu mengertilah dengan benar, pahami dan memohon hikmat kepada Tuhan untuk menolong mu mengenal dan mengerti dengan Benar Kristus. Mohonlah juga kepada Tuhan agar roh kudus menolong kita juga dengan baik pula.

 

Penulis: