Bukan Paket Hemat

Yosua 6

 

 

 

                    Gambar bagian atas adalah sebuah ketekunan, ketekunan adalah melaksanakan sesuatu dengan terus-menerus dengan instruksi yang ada. Ketekuanan dalam iman juga harus dilakukan terus-menerus, melakukan dengan iman artinya adalah melakukan sesuatu bahwa keyakinan bahwa itu dikehendaki Tuhan serta dengan keyakinan ini menolong kita semua untuk melakukan dengan baik setiap aktivitas. Ketaatan itu harus terus dilanjutkan dan itulah Namanya bertekun didalam Tuhan. Ketaatan bukan hanya omong saja tetapi juga dilakukan dena menanti hari Tuhan, hari Tuhan ini diartikan sebagai hari kematian, Kristus datang kedua kalinya dan Tuhan membawa kita dalam keadaan yang dimana kita menerima hasil. Ketaatan harus dilengkapi ketekuanan kalau hanya taat saja maka kitapun akan bersungut-sungut, maka itu kita harus taat dan tekun.

 

        Orang Israel sedang diperintahkan untuk mengalahkan Yerikho, perintahnya selama 6 hari mereka harus mengelilingi tembok yekho sekali dan diiringi para imam sedangkan di hari ke 7 mereka harus mengelilingin sebanyak 7 kali bersama para imam dan diiringi dengan sorak-sorai sangkakala. Perintah ini bisa dipertebatkan oleh orang Israel karena mungkin tidak sesuai dengan akal dan juga dapat diterima nalar, namun perintah Tuhan memang tidak bisa ditolak. Terhadap perintah atau kehendak Tuhan, setiap kita akan diminta oleh Tuhan untuk menunjukkan:

  1. Iman.

Tuhan ingin mengingatkan Yosua kepada janji Tuhan tentang tanah perjanjian. Yerikho mempunyai kekuatan perang yang baik, 40 ribu tentara yang berpengalaman, memiliki pehlawan dan banyak strategi. Benteng Yerikho sangat kokoh di atasnya bisa dibangun beberapa rumah dan juga kuda. Israel yang dipimpin Yosua adalah keturunan yang belum berpengalaman dalam berperang, karena keturunan yang pandai berperang sudah Tuhan habiskan di padang gurun karena mereka menentang Allah. Dari perbandingan ini Yosua bisa ragu dan putus asa, tetapi sekali lagi Tuhan meminta fokus dan tidak membawa Israel dalam keadaan yang tawar hati. Tuhan ingin memulai dengan hati yang menyerahkan penuh kepada Tuhan. Tuhan Ingin bangsa ini MEMULAI BERSAMA DENGAN TUHAN.

 

  1. Taat.

Bukti kepercayaan kepada Allah adalah dengan taat, memutar 1 kali selama 6 hari dan 7 kali pada hari yang ke 7 ini mungkin adalah perintah yang susah dan dalam menjalaninya mungkin ada banyak protes. Tuhan tidak bisa ditawar sehingga mereka harus mengerjakan sesuai kata Tuhan. Perintah ini dikaitkan 6 hari selama penciptaan dan hari ke 7 adalah sebuah hari yang diberikan Tuhan untuk beristirahat dan juga merayakan iman yang ada. Bangsa Israel mengingat dan mengimani apa yang Tuhan kerjakan dan iman itu harus harus dikerjakan, karena iman tanpa perbuatan adalah mati.

 

  1. Tekun

Dalam meresponi perintah Tuhan bukan hanya iman dan taat saja tetapi juga tekun dalam melaksanakannya. Yerikho itu luasnya 4 hektar, tugas bangsa Israel adalah fokus dalam ibadah mereka. ketekunan penting karena bukan hanya sekali tetapi mereka sampai hari ke 6 dan hari ke 7 ini artinya adalah supaya hidup mereka harus penuh iman dan menjaga kehidupan mereka untuk taat. Ketaatan dan Ketekunan adalah mengingat dengan baik tidak melepaskan diri kepada Tuhan (Seperti sebuah peribadahan). Dalam mengiring Tuhan, janganlah kita memilih paket hemat karena di depan masih ada perjalanan yang harus dilalui dengan iman yang perlu dilakukan dengan taat dan tekun.

 

        Mungkin kita cemas dan takut serta kuatir tentang masalah kita atau kita sedang menghadapi tembok yerikho yang lain yang adalah masalah kita. mencari kehendak Tuhan itulah yang diinginkan Tuhan, beberapa orang Kristen memilih paket hemat dan bukan paket lengkap. Beriman kepada Tuhan itu adalah taat dan bertekun sampai hari Tuhan datang sehingga kita harus memilih paket lengkap.

 

        Yesus Kristus datang ke Dunia, Yesus tidak memilih paket memilih paket hemat mainkan yang dipilih adalah paket lengkap. Dia harus menjalani penderitaan, pergumulan dan inilah bukti dari paket lengkap yang Yesus lakukan. Injil adalah berita kemurahan Allah, injil juga mengajarkan untuk kita beriman dan tidak memilih paket hemat. Mari kita beriman dan taat serta bertekun sehingga Tuhan yang menghancurkan tembok Yerikho kita.

 

        Billy Graham, Jika diberi umur panjang, menjadi tua karena umur adalah hal yang natural, tetapi menjadi tua dalam kemurahan Tuhan adalah sebuah pilihan. Jangan pilih paket hemat dalam mengiring Tuhan!

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie