God is God

        Dalam video bercerita bahwa ada nenek yang luput dari kecelakaan karena seorang muda berkata ya tetapi tidak mau mengambilkan tongkat untuknya. Ada banyak kesimpulan yang bisa kita ambil mengenai hal itu, kalau dikaitkan dengan Tuhan bisa banyak muncul banyak pernyataan karena kekesalan jika kita melihat sampai pemuda itu tidak mau mengambilkan tongkat. Tetapi akan menjadi berbeda kalau kita melihatnya secara utuh maka mungkin kita akan berkata “wah beruntung ya nenek itu tidak diambilkan tongkatnya”, Tuhan sudah melakukan hal yang ajaib dan lain sebagainya. Kita sebagai manusia juga terjadang terlalu cepat komentar untuk sebauh keadaan yang belum selesai dan biasanya kita juga protes kepada Tuhan, seakan-akan kita merasa paling pintar. Mungkin sedikit diantara kita menjadi kurang mengakai bahwa Dia adalah Tuhan dan benar-benar adalah Tuhan.

 

        Habakuk ada dalam kebingungan, karena Ia hidup dalam masa Yehuda yang tidak setia, mereka menyebah kepada berhala. Dalam hatinya dia bertanya “kenapa Tuhan hanya diam dan menghukum mereka karena mereka sudah tidak setia?” dalam keadaan demikian Tuhan datang menemui Habakuk dan berkata bahwa Dia tidak akan diam dan akan menyerahkan bangsa Israel kepada bangsa Babel, supaya mereka tau kalau mereka tidak setia kepada Tuhan. Habakuk mendengar itu timbul pertanyaan, kenapa bangsa Babel yang dipilh untuk menghukum bangsa Israel?? Bukankah ini seperti kita yang sering bertanya dengan cara Allah untuk menghukum atau mengasihi orang lain? Yang menjadi pertanyaan besar yang aneh itu kita ataukah Tuhan.

 

        Dalam percakapan itu Tuhan tetap menyerahkan bangsa Israel kepada bangsa Babel, tetapi aku berkata kepadamu bahwa orang benar akan hidup dengan percayanya. Pada waktu itu Tuhan ingin menyatakan bahwa Dialah adalah Tuhan, apa artinya?

  1. Tuhan berkuasa untuk menghukum

Bangsa Israel itu 3 kali menghancurkan bangsa Israel, disini kita melihat bahwa Tuhan adalah Tuhan, Dia bisa menghukum dengan cara yang tepat. Pandemic covid 19 ini apakah bentuk hukuman Tuhan atau hanya konspirasi besar yang menakutkan? Semua ini adalah dalam kendali Tuhan dan ada maksud Tuhan dalam masa-masa ini (Menghukum, menguji iman, memberkati dll). Tidak ada yang bisa menyelami hatiNya Tuhan, tidak bisa seorangpun dan tidak ada orang yang bisa menasehati Tuhan. Do not measure God’s mind by our own (George MacDonald), jangan menyelami Tuhan dengan pikiran kita. Cerita tentang Habakuk ini Tuhan ingin Habakuk mengenal siapa Dia.

 

  1. Tuhan itu berkuasa untuk memelihara

Kalimat orang benar akan hidup dengan percayanya ini adalah sebuah penghiburan dan jaminan bahwa orang yang percaya kepada Tuhan akan dipelihara oleh Tuhan imannya sehingga Dia tidak akan bingung. Dalam riuhnya masalah yang luar biasa, selalu ada tangan Tuhan untuk memelihara orang-orang benar, walaupun orang benar itu bingung – tidak mengerti dengan apa yang terjadi dengan dirinya dan orang lain. Pemeliharaan Tuhan itu sangatlaj terbukti lewat perkataan habakuk dalam pasalnya yang 3:17-19, Habakuk berproses bersama Tuhan sampai akhirnya Dia mengenal bahwa Tuhan adalah Tuhan, kemenangan habakuk ada didalam hati dan pikirannya yang diubahkan oleh Tuhan. Kekuatan yang baru muncul dalam kehidupan Habakuk. Dalam permasalahan itu yakinlah bahwa dalam amsalah mungkin Tuhan ingin menyentuh dan memberesakan diri kita dahulu sehingga kita terbebas dari sebuah kegelapan sehingga kita bisa menerima apa yang Tuhan lakukan. Tangan Tuhan yang satu untuk menegur, mendidik bangsa Israel dan tangan yang satu untuk memelihara orang percaya.  Tuhan tidak mungkin bingung atau salah dalam menentukan, siapa yang harus dihukum (ditegur – diperingatkan) dan siapa yang harus Ia jaga dengan kasih setia-Nya!. Kita yang sudah dibayar lunas oleh Yesus Kristus tidak akan melepaskan kita sehingga kita tetap menjadi anaknya dan ini juga diberitakan dalam berita injil karena Dialah yang menjamin kita. Dia adalah Tuhan yang menjadikan jaminan dalam kehidupan kita

 

        Semua baik adalah lagu oleh Budi Haryanto dan Tommy ‘One Way’ Widodo. Budi Haryanto menikah dan mempunyai anak bernama Michael, tetapi Michael adalah anak yang tuna rungu. Dalam pergumulan yang hebat Budi menuliskan sebuah lirik yang berjudul “S’mua Baik” dan lagu itu di aransemen oleh temannya Tommy. Pada suatu waktu Budi sakit dan ini membuatnya tidak bisa bekerja, ini membuat istrinya bekerja keras untuk menghidupi keluarga ini. Budi memanggil istrinya dan berkata “kalau aku pulang ke sorga, kamu jangan kuatir karena Tuhan akan memelihara kamu dan Michael”. Budi meninggal pada tahun 2000 dan lagu S’mua baik booming pada Tahun 2006. Budi mengenal dengan baik bahwa Tuhan adalah Tuhan sehingga dia tahu dan tidak ada kekecewaan dalam kehidupannya bahkan syair yang indah muncul dari karyanya. Lagu S’mua baik menerima royalty dan itulah yang menghidupi istri dan Michael.

Apa yang diminta Tuhan dalam hidup kita, bukan nasehat, bukan protes dan segala macam omelan. Yang Dia minta adalah percaya kita kepadaNya bahwa Dia adalah Tuhan yang akan memelihara kehidupan kita. Tuhan itu sempurna, Dia tidak butuh nasehat dan juga intervensi dari kita, yang Dia minta hanya percaya kepada Dia adalah Tuhan.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie