Apa Arti Hidupmu ?

          Jocye Chaisin Lin, seorang anak perempuan yang sangat tertarik kepada bidang IT. Tuhan memberikan dia kesempatan untuk masuk dalam bidang IT di fakultas ternama, selain itu dia juga kuliah dibidang penerbangan menjadi pilot dan kuliah teologi. Joyce bekerja diposisi yang baik, tetapi dia melepas itu untuk menjadi seorang pilot yang mengantar para missionaris pergi ke Papua. 12 Mei 2020, pesawat yang dibawa Joyce jatuh di danau Sentani dan dia ditemukan meninggal. Joyce sangat mulia karena apa yang dia kerjakan adalah yang Tuhan mau dalam kehidupannya. Kehidupan Joyce mungkin juga adalah kehidupan yang kita miliki. Dahulu ketika kita kecil kita mempunyai mimpi, tetapi dalam perjalanan itu ada yang berubah dan menjadikan kita pada mimpi yang lain.

 

          Memahami keadaan kehidupan yang berubah sampai saat ini bagaimana kita memahaminya? Jika kita memahaminya berjalan bersama dengan Tuhan, maka kita akan menyadari semua ini adalah baik. Dahulu ada seorang yang bernama Yakobus mengingatkan kepada, kita jika kita punya rencana  maka kita harus berkata, jika Tuhan menghendakinya. Yakobus membawa kita untuk sadar akan rencana Tuhan yang harus kita kerjakan, inilah yang menyebabkan jalan kita berbeda karena Allah punya rencana bagi kita masing-masing. Kalau kita beriman maka kita harus buktikan dengan sikap hidup kita, termasuk dalam pasal 4 yang menyatakan bahwa membuat rencana jangan lupa melibatkan Tuhan. Dalam bagian ini juga bearati bahwa menyusun rencana itu penting, membuat planning itu penting, tetapi ada yang lebih penting adalah mengerti apa arti hidup kita, bagaimana kita mengerti arti hidup kita yaitu dengan melibatkan Tuhan dalam rencana kita. Dalam menyusun rencana apakah kita ini berdoa, berpuasa dan juga merenungkan firman Tuhan dengan melakukan hal-hal ini adalah baik. Pertanyaannya adalah kalau kita sudah melakukan hal itu, apakah semua yang kita konsep akan terjadi sesuai dengan apa yang kita inginkan? Mengerti arti hidup kita adalah merelakan hati dan semua aspek dalam kehidupan kita dibimbing oleh Tuhan, mungkin Tuhan membawa kita kedalam lembah atau kemerosotan atau bahkan tidak berhasil.

 

          Saudara-saudara Yusuf menjadi takut karena disangkanya bahwa Yusuf akan membalas dendam kepada mereka karena perbuatan jahat mereka. Kalian tidak perlu takut karena aku tidak akan balas dendam, karena Tuhan membawa aku ke Mesir terlebih dahulu untuk mempersiapkan makanan untuk kita karena di negeri kita tertimpa kelaparan. Yusuf yang mengalami hal yang tidak baik ketika ada di Mesir, difitnah dan masuk penjara. Tetapi seorang Yusuf akhirnya bisa mengatakan mengerti arti hidupnya, karena Yusuf tidak pernah melibatkan Tuhan. Pada saat Yusuf muda pasti dia punya mimpi, Yusuf melihat potensi kekuatan keluarganya dibidang peternakan. Dia mungkin ingin membuka peternakan baru atau usaha berkenaan dengan peternakan, tetapi arah hidupnya berbelok menuruti jalan dari Tuhan. Yakobus berkata, jika kita punya rencana biarlah rencana Tuhan yang berjalan dahulu. Dalam menjalani mimpi kita harus mengingat Tuhan dalam perencanaan, ini bukan meminta persetujuan tetapi meminta Tuhan memimpin jalan kehidupan sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan. Mengapa mengerti arti kehidupan kita itu penting, agar kita tidak berdosa. Karena orang yang membuat planning itu bisa mengabaikan nasehat orang tua dan orang lain, karena merasa diri hebat dan Yakobus menyebut orang ini adalah seorang yang congkak. Dalam menjalani mimpi ini juga ada godaan yaitu dengan menghalalkan dan berbohong demi tujuan mimpi tercapai. Dalam keadaan gagal kitapun bisa marah, dan depresi karena rencana kita yang gagal. Kalau kita menjalankan kehidupan sesuai dengan rencana Tuhan, Dia akan menghibur kita ketika jalan itu susah. Maka itu selalu libatkan Tuhan dalam rencana kita.

 

          Arah hidup kita terkadang tidak sesuai dengan planning kita, karena ada tujuan Tuhan dalam kehidupan kita. Dia Punya rencana yang harus dinubuatkan dalam kehidupan kita, inilah yang menjadi dasar Yakobus memberikan pesan dalam kehidupan kita kalau kita punya rencana, biarlah Tuhan yang menghendaki. Yang terpenting adalah sudahkan kita mengerti arti kehidupan ini, dengan mengikuti pola Tuhan dan kita bisa berkata bahwa kehidupanku adalah jalan dari Tuhan. Yesus menjalani kehidupan yang sesuai dengan apa yang Allah inginkan, dia harus mengalami siksa yang luar biasa untuk sampai akhirnya Dia dimulaikan oleh Allah. Dalam masa ini mungkin ada banyak perubahan yang terjadi dalam rencana kita, tetapi yakinlah bahwa berjalan bersama dengan Tuhan, Tuhan akan memelihara kita. Arti kehidupan kita adalah ketika kita bisa berkata.

“Kehendak Tuhanlah – Rencana Tuhanlah yang harus terjadi dalam hidupku – dalam pekerjaan yang aku harus lakukan – Selesaikan.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie