Dengan Iman

1 Yohanes 5:1-5

  1. Lewis, Carilah dirimu, maka dalam waktu yang panjang, kamu hanya akan menemukan kebencian, kesepian, keputusasaan, kemarahan, kehancuran, dan kebusukan,Tetapi carilah Kristus, maka kamu akan menemukan diriNya dan bersama-Nya, semua akan terlepas. Ketika kita mencari Kristus maka kita akan sanggup untuk menghadapi dunia. Iman adalah salah satu instrument pemberian Allah yang sempurna.

            Dalam bagian yang kita baca kita melihat bahwa Tuhan mengaruniakan iman untuk mengalahkan dunia ini diulang sebanyak 2 kali. Bagian 1 ingin mengatakan bahwa kita diberikan iman untuk mengalahkan nafsu. Bagian 2 berkata bahwa bersama dengan Kristus kita memiliki kemenangan sebelum godaan itu datang. Setiap kita yang telah menerima iman dari Tuhan adalah orang yang sudah memiliki kemenangan terhadap semua godaan yang datang setiap hari dari dunia, sebab kita sudah Bersatu dengan Kristus. Orang yang sudah Bersatu dengan Kristus (memiliki iman) tidak akan melihat, bahwa nasehat - perintah-perintah yang ada di Alkitab sebagai sesuatu yang berat membebani dirinya. Karunia untuk hidup sebagai kekuatan untuk mengalahkan maut dengan tipu daya.

Di dalam pembuluh darah iman orang yang telah bersatu dengan Kristus, sesungguhnya akan terus mengalir kekuatan yang memandang dunia dengan segala tipu daya dan nafsunya sebagai sesuatu yang menjijikkan baginya – yang tidak lagi memberi selera untuk dinikmati. Sebagai Contoh Yusuf ketika ia digoda oleh istri Potifar, ia mengenahkan iman untuk menghadapi istri Potifar dan tidak berat hati untuk mendengar Tuhan. kita harusnya menjadi milik Yesus sehingga kita memiliki iman. Daud ketika dikejar-kejar Saul yang Berniat membunuhnya, Daud memiliki kesempatan untuk membunuh Saul dan ia disuruh membunuh Saul. Daud melakukan berbeda dan menghormati orang yang telah dipilih oleh Tuhan, inilah iman yang membawa Daud dalam kemenangan. Bagaimana dengan kita? bukankan beberapa dari kita enggan untuk memakai iman. Dengan iman semua bisa kita lakukan, mengampuni, menyelesaikan masalah dan mengahadapi godaan. Karena Kristus yang ada pada diri kita akan membimbing kita untuk menang mengalahkan godaan.

Bagaimana kalau kita sering kalah? Berdosa kepada Allah bukan karena tidak bisa menolak dosa, tetapi karena kita tidak memakai iman. Padahal iman itu sudah diperjuangkan oleh kematian Kristus yang akan selalu berguna untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan kita. Ketika kita tidak menggunakan iman akan menyebabkan hidup kita menjadi neraka, hidup dengan kepahitan, omelan dan pergumulan yang tak kunjung selesai. Bagaimana keadaan kita? apakah kita masih sering terjebak? Padahal iman sudah diberikan kepada kita, lihat diri kita adalah Anak Allah yang diberikan dan dikaruniakan Kristus iman untuk bisa mengahadapi dunia. Masakan pengorbanan Kristus kurang memberikan penegasan sehingga kita tidak menggunakan iman dan menjadi kalah. Seharusnya kita mengharagai Kristus yang sudah berkorban untuk kita diatas kayu salib yang sudah mengalahkan dunia untuk kita sehingga kita juga bisa mengalahkan dunia dengan iman yang diberikannya. Iman itu prang terhadap dunia (Nafsu dan Godaan). Iman itu diberikan Tuhan untuk kalahkan dunia dengan tipu daya dan nafsunya, bukan untuk penuhi nafsumu! Jadi gunakan iman secara tepat dan benar sehingga kita tidak mudah kalah dan digiring untuk memuaskan nafsu.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie