Tidak Mudah Dirobohkan

Yosua 1:5-9

                Betapa kita manusia itu mudah dirobohkan, tetapi kenyataannya manusia ingin terlihat kuat, terlihat kaya dan melakukan apapun untuk menjadi hebat sehingga mereka tidak terlihat sebagai pribadi yang muda dirobohkan.

                Tuhan meminta kepada Yosua untuk menguatkan dan meneguhkan hati. Yosua melanjutkan kepemimpinan Musa dengan keturuanan baru yang berputar-putar di padang gurun dan Yosuapun tahu bahwa bangsa ini adalah bangsa yang spesial karena mereka adalah bangsa yang sangat memberontok kepada Allah. Dalam bagian yang kita baca Tuhan mengulang sebanyak 3 kali pesan “Kuatkan dan teguhkan hatimu” Tuhan ingin Yosua dan bangsa Israel selalu memegang Tuhan sebagai seorang yang memberikan janji sehingga mereka bisa mengatasi masalah demi masalah. Maka itu ketika ada masalah kalian datang kepada konselor Kristen karena mereka akan menyuruhmu untuk kembali kepada Tuhan dan bukan percaya akan kata-kata penyemangat dalam kehidupanmu. Jadi Kuatkan dan teguhkan hati adalah masalah memegang tangan Tuhan dalam kehidupan kita masing-masing.

                Tuhan tidak akan melepaskan dan selalu menepati janjiNya, Tuhanpun ingin kita memegang teguh firman Tuhan sebagai petunjuk dalam kehidupan kita. Dalam kehidupan kita pasti ada godaan untuk selalu menyimpang kekanan ataupun kekiri. Godaan iipun terjadi kepada Akhan saat perjalanan menuju tanah Kanaan. Akhan menjarah beberapa barang Yerikho yang menyebabkan bangsa Israel kalah dari bangsa Ai yang notabene lebih kecil dari pada Kota Yerikho. Godaan untuk kita para laki-laki itu biasanya adalah Cinta, Uang dan Kekuasaan. Kita membangun kekuatan ataupun mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya demi agar kita ini tidak mudah dirobohkan padahal semua ini adalah sebuah godaan apakah ini hanya terjadi kepada laki-laki kenyataannya semua irang juga mengalaminya.

                Dalam perjalanan iman kita dilarang kecut dan tawar hati, tetapi kenyataannya adalah dalam kehidupan kita atau dalam perjalanan iman kita bisa menjadi kecut dan tawar hati karena mungkin uang yang kita investasikan hilang atau kerugian terhadap perusahaan dan masalah-maslaah lain dalam kehidupan kita atau penyakit yang menggerogoti kehidupan kita.

                Kuatakan dan teguhkanlah hatimu itu diulang 3 kali agar kita juga memegang firman Tuhan dalam kehidupan kita sehingga saat godaan itu datang dan membuat hati kita kecut serta tawar hati kita bisa tidak mudah kecewa karena kita sudah bisa mengaitkan semua firman Tuhan dalam kehidupan kita dan itu menyebabkan kita tidak mudah kecewa. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat
apa yang Kuperintahkan kepadamu. (Yohanes 15:14)
Biarlah rencana Tuhan boleh dikerjakan lewat kita yang terbatas. Maka itu tetap pegang firman Tuhan dan janjiNya.

                Jangan lepaskan tangan Tuhan msekipun ada yang diambil dari padamu, Jangan lepasakan Firman Tuhan meskipun mungkin nama besar menggodamu. Jangan lepaskan itu semua karena nanti ada kemuliaan Tuhan yang lebih indah. Seorang Kristen yang kuat adalah seorang yang berjuang hidup sesuai Firman Tuhan, bukan yang ikuti ambisinya. Tuhan bukan energi yang bisa kita kuasai, tetapi Tuhan adalah pribadi yang tidak akan dikuasi sehingga redam ambisi kita ketika kita mengikut Tuhan. Ambisi yang tidak direndam dalam doa dan firman Tuhan, hanya melahirkan nafsu yang akan meremukkan diri dan keluarganya. Pegang dan jangan lepaskan firman Tuhan yang akan menolong kita untuk berjalan dengan baik sehingga kita selalu ada dialam perjalanan iman yang benar.

Penulis: Pdt. Hadi Sugianto Lie